Peduli Kelestarian Hutan, Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil Lakukan Pembuatan dan Penebaran Seed Ball

Senin, 05 Agustus 2024 - 14:53:14 WIB

UJUNG TANJUNG -- Dalam rangka memperbaiki serta melestarikan hutan personel Koramil  0321-02/TP Rohil kembali melakukan pembuatan dan Penebaran Seed Ball.

Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh 4 orang Babinsa Koramil 0321-02/TP Rohil yang dipimpin oleh Serka Norton Purba saat melaksanakan kegiatan di kepenghuluan Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih, Senin (5/8/2024).

Kegiatan ini juga merupakan salah satu terik untuk menyatu dengan alam yang merupakan salah satu program unggulan dalam mengantisipasi datangnya bencana banjir dan tanah longsor serta menggalakan gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan implementasi nyata melalui gerakan penanaman pohon.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmaskan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati membenarkan hal tersebut.

" Upaya yang dilakukan dengan membuat bibit pohon keras yang dikemas menyerupai bola kecil yang terbuat dari pupuk kompos kemudian dicampur dengan tanah liat sehingga mudah dibentuk menyerupai bola yang sebelumnya didalam bulatan bola tersebut di beri bibit pohon dan cara menanamnya dengan menggunakan ketapel untuk dilemparkan dengan jarak yang jauh," ujarnya.

Danramil juga menyebutkan, bahwa kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung serta menjabarkan perintah dari Komando Atas untuk lebih perduli dengan kondisi hutan yang ada.

" Kita juga mengajak masyarakat membuat Seed Ball (Bibit Bola) dengan tujuan untuk mempermudah dalam percepatan penanaman pohon di wilayah lokasi yang extrim atau susah dijangkau seperti di lembah atau lereng lereng pengunungan yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan penananaman secara manual," terangnya kembali.

Dalam pelaksanaanya Babinsa mengajak menggandeng masyarakat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk terus melakukan penanaman pohon sebagai upaya mengantisipasi datangnya bencana banjir dan tanah longsor serta menggalakan gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan implementasi nyata melalui gerakan penanaman pohon.

" Sebagai seorang Babinsa selalu siap untuk menjadi solusi dan contoh dalam mengatasi permasalahan dilingkungan masyarakat, seperti halnya dengan melakukan gerakan menyatu dengan alam bisa dijadikan salah satu contoh upaya dalam menciptakan lingkungan yang sejuk serta bisa mempertahankan kelangsungan perputaran kehidupan makhluk hidup di alam," pungkas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)